Tongkrongan Meteo41A

 
Komentar,please
Berita Hari Ini!
Liat jam!
Di terjemahkan
berapa c yg berkunjung?
blogger web statistics
Polling!
Nge-Game yuk!
get toggler @ flooble
Anda pengunjung ke-
Liat Peta!
Pengunjung
STUDI KASUS ANALISA INDEKS SERUAKAN TERHADAP SEBARAN HUJAN DI BEBERAPA KOTA DI SUMATERA DAN KALIMANTAN BARAT SEKITAR EKUATOR ( STUDI KASUS BULAN JANUA
Wednesday, April 22, 2009
Indeks Seruakan adalah perbedaan tekanan antara Stasiun Gushi (115 BT 30 LU) dengan Hongkong (116° BT 20° LU), indeks seruakan ini dikenal dengan rambatan gelombang dingin dari daratan China yang melintasi ekutor Indonesia Selatan. Menurut penelitian Riehl, jika nilai indeks seruakan lebih dari atau sama dengan 10 mb dikatakan terjadi seruakan dingin. Suryadi Wh (1980) menjelaskan adanya gelombang dingin yang menuju Indonesia selatan akan meningkat curah hujan di wilayah sekitar kota-kota di Jawa bagian barat.
Sepengetahuan penulis belum ada peneltian tentang pengaruh indeks seruakan ini terhadap sebaran hujan di sekitar ekuator Indonesia terutama kota-kota di Sumatera dan Kalimantan. Karena itu penulis mencoba untuk menganalisanya dengan menggunakan data indeks seruakan dan data hujan selama bulan Januari hingga Maret 2008 di kota Medan, Pontianak, Pekanbaru, Jambi dan Batam.
Dengan metode indeks dan grafik didapatkan hasil analisa yaitu tingginya nilai indeks seruakan tidak mempengaruhi besarnya curah hujan yang terjadi. Terbukti dari tingginya indeks seruakan yang terjadi tidak diikuti dengan semakin besarnya curah hujan di lima stasiun pengamatan. Dengan batasan waktu penelitian tiga hari sebelum, tiga hari sesudah dan saat periode seruakan didapatkan hasil secara keseluruhan untuk Bulan Januari dan Februari di kota Medan dan Pontianak mulai terjadi hujan setelah tiga hari periode seruakan. Pada kota Pekanbaru, Jambi dan Batam hujan mulai terjadi tiga hari sebelum, saat dan tiga hari setelah periode seruakan.
Sedangkan pada bulan Maret diketahui tidak terjadi seruakan dingin, namun tetap terjadi hujan di daerah penelitian. Hal ini kemungkinan karena ada faktor lain yang mempengaruhinya.

Kholista Septiani Suprobo
13.06.1526

Labels:

posted by Meteo41A @ 10:06 PM  
0 Comments:

Post a Comment

<< Home
 
About Me

Name: Meteo41A
Home: Bintaro, Tangerang, Indonesia
About Me: Ga mau disebut gaptek, apalagi cetek!
See my complete profile
Previous Post
Cuaca Terkini
Archives
Links
Powered by

BLOGGER

Kata Mutiara
Quote of the Day
Kalender

Free Blog Calendar

Sun&Moon
Click for Jakarta Observatory, Indonesia Forecast
Music Jangkric


Hound Dog - Elvis Presley
© 2006 Tongkrongan Meteo41A .Earth_info by Earth_info